ALT

Dari kamar ke dapur baru ke kampus

Beternak Bebek
diposting oleh afahrizal-feb04 - 06 October 2015
kategori : Umum - 0 komentar

Beternak bebek merupakan usaha budidaya peternakan yang cukup diminati di Indonesia, saat ini jumlah populasi bebek terus meningkat di seluruh pelosok Indonesia. Kelebihan usaha ternak bebek adalah mudah dipelihara dan cenderung tahan terhadap berbagai penyakit.

 

Bebek juga merupakan sumber protein hewani penting selain daging ayam dan sapi, saat ini panganan seperti bebek goreng (pecel bebek) cukup digemari masyarakat. Hamir disetiap warung pecel lele selalu tersedia bebek goreng sebagai menu. Ini pertad bahwa opini masyarakat tentang daging bebek yang amis telah terkikis seiring waktu.

 

Beternak bebek sekala kecil hingga besar dapat dimanajemen dengan mudah selama peternak memahami konsep dasar dalam budidaya unggas. Perawatan bebek tidaklah serumit perawatan ayam broiler, dimana harus menggunakan sekam litter dan metode sanitasi lainnya.

 

Dod tau bibit bebek juga mudah didapat, harga perekor saat ini antara Rp. 3000 – 5000/ ekor. Sedangkan untuk bebek dara bisa mencapai 12 ribu per ekor. Bila kita ingin investasi yang cepat maka sebaiknya pelihara bebek sedari dara (grower). Bila kita memelihara sejak DOD banyak sekali kemungkinan resiko yang bisa terjadi. Perawatan bebek umur seminggu tentu lebih rumit daripada bebek berumur 16 minggu.

 

Pakan bebek mudah didapat, bebek dapat tumbuh dengan baik pada kondisi pakan yang kurang bagus. Hewan ini bisa diberi limbah pertanian dan juga siput ditambah dedak sebagai konsentrat. Membuat konsentrat untuk bebek cukup mudah. Pakan alternatif bebek sangat banyak diantaranya; nasi sisa rumah tangga, tepung atau kepla-kepala ikan, sisa sayuran atau buah dan lain sebagainya. Pada sebuah artikel pernah say abaca tentang cara membuat pakan alternatif pengganti pelet, menurut sya pakan tersebut sangat baik digunakan untuk budidaya ternak bebek. artikel tersebut bisa anda lihat di sini.

 

Beternak bebek sekala kecil hingga besar dapat diandalkan sebagai sumber penghasilan utama ataupun sebagai usaha sampingan. Berdasarkan analisa usaha ternak bebek yag dilakukan pihak perbankan dapat disimpulkan pada sekala ternak bebek 1000 ekor maka nasabh bisa diberi pinjaman hingga 50 juta. Ini berarti prospek penghasilan dari beternak bebek cukuplah tinggi. Demikia artikel sederhana ini semoga bermaanfaat.



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Umum (4)

Pengunjung

3126