ALT

Dari kamar ke dapur baru ke kampus

Mengapa dokter mata lebih menganjurkan kaca mata daripada softlens
diposting oleh afahrizal-feb04 - 04 March 2016
kategori : Umum - 0 komentar

Softlens memang lebih menarik daripada kaca mata, terutama dalam menunjang penampilan. Tapi dibalik itu ada resiko besar yang menanti penggunanya. Ada beberapa kasus dimana pengguna softlens harus dioperasi karena kesalahan pemakaian, salah satu kasus tersebut adalah karena si pengguna lupa melepas ketika tidur.

Soflens memiliki daya serap air dan oksigen, jadi ketika si pengguna lupa melepasnya ketika tidur maka lensa kotak tersebut akan menyerap air dari mata untuk menjaga kestabilan dasarnya. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering dan lapisan softlens menjadi merekat dengan lapisan kornea. Dalam keadaan tertentu, pelepasan kembali softlens tersebut harus dengan peralatan operasi ringan di klinik mata.

Pada kasus lain, ada pengguna softlens mengeluhkan mata menjadi merah seolah ada iritasi. Dokter akhirnya menganjurkan agar sipengguna menghentikan pemakaian softlens atau matanya akan buta? Pilihan yang mengerikan bukan. Itu memang sudah sering dianjurkan oleh dokter mata, agar lebih memilih kaca mata atau hardlens daripada softlens. Efek samping penggunaan softlens pada mata minus kadang tidak terduga-duga, apalagi jika softlens digunakan pada mata normal.

Sebuah blog softlens  telah membahas efek samping penggunaan softlens secacra lugas dan tunta, menjelaskan bahwa bila dihitung-hitung secara akumulatif, maka total harga softlens selama 5 tahun akan sama besarnya dengan harga sepasang softlens. Penggunaan hardlens jauh lebih aman bila dibandingkan dengan penggunaan softlens, walaupun harga hardlens termurah saat ini ada dikisaran 3 jutaan.

Di halaman harga softlens tersedia daftar harga softlens untuk mata minus terbaru, bila dihitung berdasarkan harga tersebut memang benar adanya bahwa total softlens yang kita beli selama 5 tahun akan mencapai 3 – 5 jutaan juga. Untuk itu apa salahnya bila saat ini kita memikirkan untuk beralih memilih hardlens daripada softlens, itu semua demi kesehatan mata.



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Umum (4)

Pengunjung

3125